Visitor

Ads 468x60px

Blogger Themes

ads ads ads ads

Kamis, 03 Januari 2013

Cara Membuat Kotak Komentar Keren Dengan Mudah


cara Membuat Kotak Komentar Keren Dengan Mudah,inilah yang akan kita bahas kali ini. saya dulu waktu googling mencari tentang cara membuat kotak komentar selalu yang harus di lakukan adalah mencari kode apa gitu saya lupa dah dan mencarinya di dalam kotak template HTML.
sempat bingung banget sih karna semua menyarankan harus mencari kode tersebut sementara di kotak template HTML saya tidak berisi kode yang di sebutkan oleh para teman-teman blog.
dan setelah lama muter-muter akhirnya saya menemukan sebuah situs untuk membuat kotak komentar menjadi lebih keren dengan menggunakan jasa pihak ke tiga situs ini bernama intensedebate(bisa di gunakan untuk blogger/wordpres dan web), tanpa kita harus mencari kode-kode yang di sebutkan oleh para teman-teman blog, contohnya bisa sobat lihat di kotak komentar saya. gimana keren kan? lengkap lagi ada tombol balasnya,dan lain-lain deh.
Berminat dengan kotak komentar seperti saya?sayangnya kotak komentar ini kalo saya bilang hanya cocok untuk blog baru atau blog yang belum berisi komentar dari blog/orang lain.
kenapa saya bilang begitu? karna bagi sobat yang blognya sudah lama dan banyak komentar sangat tidak cocok jika menggunakan kotak komentar ini. karna komentar-komentar yang ada di blog sobat akan hilang kalo blog ini dulu masih berisi 1 komentar, ya terpaksa saya hapus agar kotak komentar intensedebate dapat di terapkan dengan sempurna.
so kalo sobat ingin menggunakan kotak komentar seperti blog ini dan di dalam kotak HTML blog sobat tidak berisi kode yang di sebutkan oleh para teman-teman blog lain sobat bisa gunakan kotak komentar itensedebate pada blog sobat, untuk caranya sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut, cekidoooot:


O iya blog ini sudah tidak menggunakan kotak komentar tersebut,untuh contohnya s obat bisa lihat gambar berikut:


Kita lansung aja:

1.Silahkan sobat lansung saja menuju situs pembuatan kotak komentar dengan mengklick DISINI.(lalu klick skip)

2.Maka sobat akan di bawa ke halaman intensedebate brikut,sekarang silahkan klick Sign Up untuk mendaftar(seperti gambar).


3.Selanjutnya sobat akan di bawa ke form pendaftaran, sekarang silahkan isi form pendaftaran dengan lengkap seperti User name-Email-Pasword-Confirm Pasword,jika sudah klick Sign Up untuk melanjutkan.


4.Sekarang silahkan sobat masuk ke email sobat/email yang sobat daftarkan tadi, lihat pesan yang di kirimkan intensedebate ke sobat dan klick tautan yang di brikan untuk untuk mengconfirmasi pendaftaran.

5.Nah setelah mengconfiirmasi dan sobat sudah masuk intensedebate membuat kotak komentar, sobat lansung klick add blog/site di bagian menu bar bagian atas(lihat gambar).


6.Selanjutnya sobat akan di bawa ke halaman seperti berikut, silahkan masukkan Url/alamat blog sobat lalu klick Next Step untuk melanjutkan(seperti gambar).


7.Lalu akan muncul halaman seperti berikut, pada tahap ini sobat  di minta untuk memasukkan/meupload template blog sobat ke intensedebate untuk memberikan/melakukan perubahan pada kotak komentar sobat, next tahap 9.


8.Sekarang silahkan sobat log in ke blog sobat pada tab menu klick Rancangan ➮ Edit HTML, di atas kotak template sobat centang/tandai Expand Template Widget lalu klick Download Template Lengkap dan pilih dimana tempat menyimpan trmplate sobat agar mudah di ingat.

9.Sekarang sobat lakukan langkah no.7 dengan megupload template sobat ke intensedebate dengan cara menekan Browse lihat di mana sobat menyimpan template sobat lalu klick, bila sudah lanjutkan dengan menekan Upload file and cuntinue untuk melanjutkan (lihat gambar no.7)

10.Selanjutnya sobat akan di berikan kembali template sobat yang sudah berisi kotak komentar keren, sekalang sobat pilih semuanya lalu copy (lihat gambar).


11.Back, sekarang kita kembali ke blog sobat di kotak template kita hapus semuanya dan pastekan kode template yang di berikan tadi ke kotak template.
catatan:sobat tidak usah khawatir karna template yang di berikan intensedebate tadi adalah kode template sobat sendiri, bedanya hanya  intensedebate menambahkan kotak komentar keren untuk sobat.
Jika sudah sekarang klick simpan, dan coba lihat hasilnya di bagian bawah/kotak komentar sobat, gimana?!?

Penting:

  • Sobat dapat mempercantik kotak komentar dengan mengklick Layout dan Comment pada menu sebelah kiri, silahkan sobat atur sendiri sesuai selera jika sudah jangan lupa klick Save Setting untuk menyimpannya, perubahannya dapat sobat lihat lansung dari kotak komentar yang sudah ada di blog sobat.
  • Jika sobat ingin mengganti template sobat, sobat tidak perlu khwati kalo komentar blog sobat akan hilang,karna ,sobat dapat memasang kotak komentarnya lagi tanpa ada yang terhapus dari kotak komentar, dengan cara: masuk  intensedebate ➮ pada tab menu pilih sites lalu klick url/alamat blog sobat ➮ lihat menu sebelah kiri lalu klick Reinstall  ➮ lalu lakukan langkah no.7 dan no.8.
  • Jika sobat sudah melakukan langkah no.8 dan no.11 tapi kotak komentar tidak muncul atau terpasang itu berarti kode template sobat bermasalah, dan terpaksa sobat harus mengganti dengan template yang lainnya.
  • Bila suatu saat tiba-tiba template blog sobat hilang sobat bisa menghubungi pihak intensedebate untuk melaporkan masalah tentang kotak komentar sobat dengan mengirim pesan berbahasa inggris ke   intensedebate, jika sobat tidak bisa bahasa inggri sobat cuku gunakan  http://translate.google.co.id/ untuk menerjemahkan, ini saya tulis karna waktu googling saya menemukan ada teman yang kehilangan kotak komentarnya tapi setelah beberapa hari setelah mengirim pesan ke intensedebate dan mendapat balasan, kotak komentar yang hilang sudah muncul kembali tanpa ada yang terhapus satu pun, kalo saya sendiri belum pernah mengalaminya, mugkin kotak komentar hilang karna ada sedikit kesalahan.

ads

Ditulis Oleh : Ray Pamungkas Hari: 12.08 Kategori: